Selasa, 24 April 2012

Penghuni didalam Kanvas

Pernah dengar pelukis bernama Bill Stoneham? Atau mungkin lukisannya yang berjudul ‘The Hand Resist Him’ (THRH) atau yang juga dikenal dengan ‘eBay Haunted Painting’? Yup, lukisan ini memang sempat melegenda saat muncul disitus lelang eBay bulan Februari 2000 lalu. Lukisan yang menggambarkan seorang anak kecil berdiri di depan pintu kaca bersama bonekanya ini, dipercaya merupakan lukisan terkutuk dan berpenghuni.

Lukisan yang dibuat pada tahun 1972 ini ternyata berkisah tentang si pelukis. Menurut Bill, anak lelaki yang berdiri didepan pintu kaca tersebut adalah dirinya ketika berusia 5 tahun, pintu kaca merupakan pemisah antara dunia nyata dan dunia mimpi, sedangkan boneka perempuan disampingnya merupakan pemandu yang mengawalnya. Nah bila diperhatikan dengan seksama, dibalik pintu kaca juga terdapat tangan-tangan. Menurut Bill, tangan yang menempel di pintu tersebut menggambarkan kehidupan lain.

Menurut penjual di situs eBay yang namanya tidak diketahui, lukisan ini memang benar membawa kutukan. Karakter dalam lukisan itu sering bergerak di malam hari dan kadang menghilang dari lukisan itu. Lebih seram lagi, karakter boneka dalam lukisan tersebut sering mengancam anak laki-laki dengan benda yang dipegangnya, sehingga anak laki-laki itu sering meninggalkan lukisan.

Kisah horror pun semakin diperkuat dengan pernyataan pelukis sendiri yang mengatakan bahwa pemilik galeri dimana THRH ini dipamerkan pertama kali dan kritikus yang mengkritik lukisan ini meninggal kurang dari 1 tahun setelah kontak dengan lukisan ini. Hiiiiiiiy…. Nah, lukisan THRH ini juga disambung dengan lukisan keduanya (Resistance at the Threshold, 2004) dimana karakter dalam gambar telah dewasa disertai bonekanya yang  telah rusak, yang kabarnya juga menyimpan kisah misteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar